Opini Larangan Penggunaan Knalpot non ori (Racing) di Jalan Umum

Pada kesempatan kali ini, saya hanya ingin menyampaikan opini saya terhadap suatu larangan tentang penggunaan knalpot racing di jalanan Indonesia. Secara umum, knalpot racing sebenarnya diciptakan khusus untuk digunakan di ajang balap. Akan tetapi semakin berkembangnya zaman, orang orang sering menggunakan knalpot racing di motor yamg digunakan harian dengan alasan performa dan tampilan.

Memang ada benarnya, knalpot racing ini menunjang performa motor dari sisi bobot dan juga akselerasi (khusus knalpot ori, performa sudah tidak diragukan lagi). Akan tetapi hal ini tidak dibenarkan jika dipasang di motor untuk penggunaan harian karena tingkat kebisingannya melebihi batas. Tetapi banyak produsen knalpot racing ini yang mengakali tingkat kebisingan dengan cara menambahkan suatu perangkat untuk mengurangi kebisingan yaitu DB Killer. 

Perangkat ini mampu meredam suara knalpot racing hingga 40% tergantung bahan dan kualitas perangkat tersebut.

Nah yang akan saya bahas yaitu larangannya. Kenapa? Karena larangan ini cukup aneh menurut saya. Bagaimana tidak? ada undang - undang yang mengatur tingkat kebisingan maksimal pada kendaraan. Untuk lengkapnya silahkan cek sendiri di situs terpercaya. Intinya, jika ada kendaraan yang tingkat kebisingannya melampaui batas maka akan dilakukan penilangan.

Tapi, untuk saat ini para penegak hukum kita melakukan tindak penilangan tanpa mengukur batas kebisingan. Jadi ketika ada motor yang menggunakan knalpot racing maka akan langsung ditilang tanpa diukur tingkat kebisingannya. Hal ini cukup merugikan orang, karena tidak semua knalpot racing itu melampaui batas kebisingan. Contohnya knalpot yang dilengkapi dengan DB Killer yang kita sudah bahas diatas.

Seharusnya hal seperti itu dapat dibenahi lagi oleh para penegak hukum. Setidaknya dengan mengukur terlebih dahulu tingkat kebisingan. Jadi tidak asal main tilang😊.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Helm NHK Terminator (Road Fighter)

Bahaya Pemanasan Global

Resep Gudeg