PENGALAMAN LATIHAN DI SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT


Sirkuit Sentul Susah Untuk Formula E Karena Bukan Wilayah DKI

Text Box: Figure 1. MOTOGP SENTUL 1997

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya latihan di Sirkuit Sentul. Sedikit info, Sirkuit Sentul terletak di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Sirkuit ini adalah salah satu Sirkuit di Indonesia yang tarafnya sudah Internasional. Sirkuit ini pernah menggelar beberapa perhelatan balapan kelas dunia, seperti MotoGP, F1, dan Asian F3. Akan tetapi sirkuit ini mulai ketinggalan jaman dan tidak memenuhi standar untuk mengadakan balapan tersebut.
20 Tahun Lalu, Indonesia Selenggarakan MotoGP, Kini Kita Sedang ...


Langsung saja, pada tahun 2019 lalu saya berlatih balapan di sirkuit Sentul menggunakan motor MX King. Saya berdomisili di Bekasi. Untuk Sampai kesana, saya dan teman saya berangkat menggunakan mobil, dan motor diletakan didalam mobil. Ini cara efektif untuk berlatih maksimal di sirkuit karena kondisi motor saat sampai sirkuit masih optimal. Gak kebayang kan kalo dari bekasi di bawa ke bogor? haha. Pasti mesin akan terasa agak panas. Meskipun bisa ditunggu sebentar sesaat sampai disana, tapi sangat membuang waktu. Belum lagi tenaga yang dikeluarkan untuk perjalanan.(maklum saya rider manja๐Ÿ˜„).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEio7gjkerJNGsl7Leimvu1LEU-NOkA8mYl7qrZJtO2z6UU7ATkXWG_qu4xcjcuLu1pqvp4VJ16esm1ykf7Ll-ebvnoVVwMdTgVdCGx7pncSJ_1rrSYa9vyQYdEJY2ED8iAklnPztA23Sow/s320/IMG_8720.JPG

Sesampainya disana saya memarkir mobil di Paddock luar gratisan, yang terletak disamping garasi garasi beberapa tim balap. Bisa menyewa paddock yang ada didalam sirkuit, akan tetapi biayanya mahal. Saat saya tanya saat itu sewa Paddock di dalam sirkuit 2juta perhari.

Latihan pun ada sesinya. Untuk Mobil 1 jam dan motor 1 jam. contoh, sirkuit kan buka jam 08.00 pagi, nah dari jam 08.00 sampai jam 09.00 itu jadwal untuk mobil. Lalu untuk jam 09.00 sampai 10.00 jadwal untuk motor. lalu bergantian seterusnya sampai sirkuit tutup. Untuk biaya latihan di hari Senin - Jumat 250ribu Rupiah. Sementara untuk Sabru dan Minggu biayanya adalah 350 ribu Rupiah. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Helm NHK Terminator (Road Fighter)

Bahaya Pemanasan Global

Resep Gudeg