Bahaya Minuman Soda (apabila keseringan meminumnya)

               Minuman soda memanglah sangat nikmat, apalagi jika meminumnya di tengah terik matahari yang sangat membuat badan panas. Tapi dibalik kenikmatan itu ada beberapa bahaya yang akan menyerang kita apabila kita terlalu sering meminumnya. Simak ya gaeesss..

5 Merek Minuman Soda Tertua di Dunia, Ada yang Sejak 200 Tahun Lalu

Berat Badan Berlebih atau Obesitas
Jumlah gula yang sangat banyak pada minuman bersoda bisa mengakibatkan pengonsumsinya tidak merasakan kenyang. Hal ini mengakibatkan pengonsumsinya mengalami kenaikan berat badan berlebih atau obesitas.
Pada sebuh penelitian mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi minuman bersoda akan meningkatkan 17% lebih banyak kalori. Maka tak heran, seseorang yang mengonsumsi minuman bersoda secara berkala akan menambah berat badan lebih banyak daripada orang yang tidak mengonsumsinya.
Pada penelitian lainnya, mengatakan bahwa anak-anak yang mengonsumsi minuman bersoda terlalu sering akan meningkatkan 60% risiko obesitas.
Rusaknya Organ Hati
Terdapat kandungan pemanis kimia pada minuman bersoda, yaitu glukosa dan fruktosa. Pada glukosa, dapat dimetabolisme oleh setiap sel dalam tubuh. Sedangkan fruktosa hanya dapat dimetabolisme oleh satu organ saja, yaitu hati.
Fruktosa merupakan kandungan pemanis utama yang terdapat dalam minuman bersoda. Jadi, apabila kamu terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda maka alan mengubahnya menjadi lemak. Lemak yang tidak keluar sebagai trigliserida darah ini akan tetap mengendap di hati. Seiring berjalannya waktu, inilah yang dapat menjadi penyakit hati..
Meningkatkan Lemak di Perut
Bahaya minuman bersoda lainnnya adalah bisa meningkatkan lemak di perut. Hal ini dikarenakan adanya kandungan gula tinggi sebagai penyebab berat badan semakin bertambah.
Kandungan fruktosa pada minuman bersoda menjadi faktor penyebab utama bertambahnya lemak berbahaya di sekitar perut dan organ lainnya. Kondisi ini dikenal sebagai lemak perut.
Pada lemak perut yang berlebihan mengakibatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Pada kehamilan, penyakit diabetes dapat memengaruhi bobot janin menjadi terlalu besar sehingga sulit dilahirkan.
Melemahnya Sistem Imunitas
Bahaya minuman bersoda selanjutnya adalah bisa menghalangi kemampuan tubuh melawan bakteri. Hal ini dikarenakan adanya kandungan gula yang sangat tinggi pada minuman bersoda.
Minuman bersoda yang mengandung 12 sendok teh gula mampu melemahkan kemampuan sel darah putih yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat. Oleh karena itu, mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan dan ditambah dengan makanan gula lainnya akan berpotensi membuat sel-sel darah putih tidak bekerja efektif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Helm NHK Terminator (Road Fighter)

Bahaya Pemanasan Global

Resep Gudeg